Jumat, 02 Mei 2014

MERANTAU DITANAH ORANG

Bagi sebagian orang, terutama yang hidupnya merantau jauh dari keluarga, baik karena tuntutan kerja maupun sekolah/kuliah, hidup ngekost menjadi pilihan yang tepat. Namun, pilihan tersebut bukannya tak menuai resiko. Untung dan rugi tentu saja selalu ada. Dari beberapa orang yang saya menemu, di antara mereka banyak yang mengalami kesulitan. Salah satunya adalah kurang bisa beradaptasi baik terhadap lingkungan baru maupun terhadap menu makanan. Bahkan, tak jarang hal itu menimbulkan stres tersendiri. Ini tentunya akan berdampak buruk pada kualitas kerja (bagi yang sudah bekerja) dan kuliah (bagi yang masih kuliah) kita. Kerja/kuliah menjadi terganggu karena sulit berkonsentrasi.

JAUH DARI ORANG TUA ATAU PERANTAUAN

Bagusnya setelah usia di atas 14 th, kalau bisa jauh dari orang tua itu lebih baik dan sehat. Si anak bisa lebih mandiri paling tidak belajar mandiri, sambil sesekali masih bisa "lari" ke rangkulan orang tua. Sehingga bila orang tua sudah tidak ada, atau anak sudah nikah/ sudah bekerja, si anak sudah lebih siap menjadi manusia seutuhnya (maksudnya bisa melaksanakan hak dan kewajibannya dengan baik). Anak juga dapat kesempatan mengembangkan jati diri dan "gaya" hidupnya tanpa takut kalau tidak menuruti "dikte-an" orang tua nanti dicap kualat. Maklum sikon , kan sedikit banyak udah berubah. Beda zaman, dan umumnya tidak semua orang tua paham atau mau berusaha untuk paham dengan perubahan ini.
Sementara buat orang tua, bisa menjadi lebih tenang melepaskan anak ke masyarakat, karena sudah sempat "belajar" mandiri. Konflik yang ga perlu juga bisa dihindari, karena anak itu biar udah gede, di mata orang tua tetap anak. Jadi susah ngebuang hobi ngingetin, negur, nasehatin bahkan marahin anak kalau ada hal-hal yang ga sesuai dengan keinginan orang tua. Yang, tentu saja makin gede anak, makin sebal kalau bulak-balik dikuliahin. Tidak heran ada pepatah "Kalau jauh bau wangi, kalau dekat bau ... (maaf) tahi." Artinya, hubungan orang tua & anak biasanya makin mesra kalau ada jarak.(Yanto Tebai)

0 komentar:

Posting Komentar

Folow Twiter

BTemplates.com

4/recentposts
Diberdayakan oleh Blogger.

Blog Archives

Recent in Sports

3/recentposts
[recent]

About Me

techno papua
Lihat profil lengkapku

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Followers

Comments

4/recentcomments

Random Posts

3/randomposts

Facebook

Popular Posts